BLANTERWISDOM101

PENGALAMAN SHOLAT JUMAT DI MOSKOW

Minggu, 17 Juli 2016

Sebagai kota penutup trip eropa, saya mengunjungi kota moskow. Kebetulan hari itu hari jumat. Selama di eropa, saya bertemu 2 hari jumat. Pertama di Bratislava. Kedua di Moskow. Tentu momen hari jumat tidak saya lewatkan untuk mengikuti pengalaman solat jumat disini.

Mungkin sebelumnya muslim Indonesia sudah mendengar melubernya jamaah sholat ied di masjid agung moskow. Karena penasaran, saya pun pergi ke masjid itu. Masjid ini dinamakan Moscow Catherdral Mosque. Mungkin dinamakan katedral karena memang ini masjid paling besar di moskow, bahkan rusia. Mungkin juga masjid paling besar di daratan eropa.

Sewaktu saya datang, Sholat jumat disini dimulai pukul 12.30. Karena sempat tersesat mencari stasiun metro yang hurufnya semua huruf cyril (tidak ada huruf latinnya) itu, saya baru sampe masjid pukul 12.15. Pertama melihat jamaah yang datang berdatangan, tidak ubahnya melihat jamaah sholat jumat yang juga pada berdatangan ke masjid istiqlal. Buaaanyaak. Stasiun metro seperti botol yang bolong dan airnya tumpah. Ribuan manusia keluar stasiun dan dari berbagai penjuru berjalan menuju masjid yang berada persis di samping stadion olimpiade tahun 1980.

Begitu tiba di dekat masjid, puluhan tentara ikut mengamankan jalannya solat jumat. Sebelum masuk kawasan masjid, semua jamaah diperiksa melalui metal detector. Setelah melewati antrian, ternyata di masjid sudah penuh dengan jamaah. Ribuan jamaah sudah menggelar sajadah diluar masjid.

Apakah masjidnya sedemikian kecil sehinggga tidak bisa menampung jamaah? Tidak sama sekali. Masjidnya besaaaar. Pernah sholat di masjid Bank Indonesia ? Lantai 1 sebesar itu. Ditambah lantai 2, 3, dan 4. Artinya masjid ini lebih besar dari masjid BI. Jamaahnya penuuh. Saya yang datangnya 15 menit sebelum adzan harus meringsek masuk agar dapat tempat duduk. Alhamdulillah dapet tempat di lantai 1, walaupun pojok.

Jamaah masjid ini kebanyakan suku tatar. Itu loh suku yang berasal dari negara2 asia tengah berakhiran tan-tan semacam uzbekistan, tajikistan, dll. Tapi ini banyakan tatan yg di bagian rusia. Orangnya berhidung pesek. Mata sipit. Pipinya kemerah-merahan. Saya lihat banyak orang bermuka orang cina, sepertinya dari daerah perbatasan rusia-cina yg memang banyak muslimnya. Tidak kalah banyak jumlahnya orang rusia asli, yang tubuhnya besar, pirang, dan hidung mancung. Sebagian muslim dari arab,india, dan pakistan. Hanya sedikit jamaah yg bermuka melayu.

Saya perkirakan sholat jumat kali itu dipadati lebih dari 5.000 jamaah. Entah lah berapa jumlah pastinya. Tapi bisa merasakan sholat jumat disini kok saya rasanya senang sekali. Senang melihat muslim dari berbagai suku bangsa dan ikut sholat bareng. Mungkin ini yang dinamakan ukhuwah islamiyah. Walaupun tidak saling mengenal, tapi ada orang dari suku bangsa lain yang melakukan sujud yang sama, doa yang sama, dan ibadah yang sama itu kok rasanya senang sekali. Berbeda dengan berkenalan dengan teman baru di suatu tempat, mungkin perasaannya sama-sama senang bisa saling berkenalan. Tapi kalau teman baru itu ternyata juga sama-sama bersholawat kepada nabi yang sama dan berdoa kepada tuhan yang sama, perasaan senang itu bertambah berkali-kali lipat.

-01.32@abu dhabi, sambil nunggu pesawat transit- ditulis pakai hp, pegel kalo banyak2-.

-edit-
Ternyata masjid katedral moskow punya 6 lantai dan bisa menampung 10.000 jamaah. Berarti yang sholat jumat kemarin lebih dari 10.000 jamaah karena area yang didalam masjid sudah penuh ditambah jamaah luar masjid yg masih ribuan.
Share This :

0 Comments