BLANTERWISDOM101

CARA MUDAH BERKENALAN DENGAN PRAMUGARI GARUDA

Minggu, 16 Oktober 2016

Setelah sekian kali terbang dengan garuda, terutama untuk rute ke Papua, saya sekarang cukup paham dengan tips dan trik terbang nyaman, seperti cara pilih seat biar gak kehabisan, seat yang paling nyaman, ataupun cara biar boarding didahulukan. Tapi bukan hanya itu, saya juga mengamati perilaku cabin crew, seperti dimana akan terjadi pergantian crew, hotel tempat menginapnya, atau sikap pramugari yg sok ramah sewaktu bicara dengan penumpang padahal dibelakangnya cerewet sekali. Kali ini akan saya share bagaimana cara mudah berkenalan dengan pramugari.

Mungkin banyak orang yang malu berkenalan dengan pramugari, entah karena tidak PD punya muka nggak ganteng atau karena sok cool. Padahal sejatinya banyak pramugari yang kesepian dalam keramaian. Bila ada yang ngajak ngobrol, tentu mereka akan senang. Memang sih ada pramugari yang agak jutek dan malas diajak ngobrol. Saya punya cara sendiri bagaimana memulai perkenalan dengan mugari. *Disclaimer: tips ini hanya berlaku di flight garuda, dan ini hanya teori karena dalam prakteknya Anda lah yang menentukan kesuksesannya.

Hampir sebagian orang tahu kalau inflight meal garuda hanya itu-itu saja, kalau nggak nasi dengan ikan/ayam ya mie ato omelet (itu pun jarang). Padahal garuda punya beberapa pilihan meal yang tersedia hampir di seluruh flightnya. Dari beberapa jenis meal, yang paling saya suka adalah Fruit Platter Meal. Kenapa buah? Apa nggak rugi naik garuda Cuma dapet buah saja? Enggak. Pertama karena saya memang pencinta buah. Kedua karena kebanyakan flight saya rute ke papua malam hari dan saya tidak mau menambah berat perut. Ketiga, karena saya punya akses lounge, sehingga sebelum terbang pasti sudah kenyang duluan. Hheheheeh..

Bagaimana cara memesan fruit platter ? biasanya kalau kita tidak reserve duluan, pramugari tidak mau menyajikan. Caranya adalah sebelum berangkat dan sebelum web check in, masuk dulu ke manage booking garuda. Klik manage booking di web garuda, lalu masukkan kode booking dan last name. Kemudian di bagian paling bawah, klik layanan tambahan. Disitu selain bisa pilih kursi (ini salah satu trik tambahan biar leluasa pilih kursi), kalian juga bisa pilih jenis makanan. Untuk fruit platter, pilih nama FPML (Fruit Platter MeaL).


Lalu apa hubungannya pesan FPML dengan tips kenalan sama mugari ? Disinilah tipsnya. Ketika kamu pesan FPML, kemungkinan besar yang pesan FPML hanya kamu dan tidak ada orang lain. Sebelum terbang, mereka sudah tahu namamu dan seat duduk kamu. Lumayan kan paling tidak dia sudah ngeh duluan dengan nama kita. Wkwkwk. Dan sebelum menyajikan ke penumpang lain, pasti kamu dilayani dulu karena kamuuh special. Iyaa, kamuuuh…

Setelah nama kamu dikenal oleh pramugari, tinggal jalankan tips berikutnya. Yaitu ke WC. Biasanya sih orang yg mau ke WC banyak, jadi antri. Jadi waktu antri, ambil posisi deket dengan cabin room di bagian belakang. Nah disanalah kamu bisa menjalankan aksimu. Tinggal sok kenal aja “mbak saya yg tadi pesen FPML, masih kenal saya kan”. “Hah, ngomong apa mas ?“ jawab pramugari yang kurang mendengar omonganmu. “Aku yang pesan FPML tadi mbak, masih kenal sama akuu kaan?“. “Apaaaah? Kamu ngajak aku ML?” Plooook, dan tamparan itu pun mampir ke muka kamuuh.. Iyaaa, kamuuuh…

Akhirnya kamu pun balik ke seat, gak jadi ke WC….
Sekian dan terimakasih.

Bali, 16 Oktober 2016
Share This :

0 Comments